Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Non Teknologi

Authors

  • Somawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Siti Julaeha Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

matematika, media pembelajaran, teknologi.

Abstract

Dalam mendelegasikan keilmuanya kepada peserta didik, pendidik memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi dan non teknologi sangat diperlukan penguasaannya oleh para pendidik pada era sekarang ini. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis teknologi dan non teknologi yang dapat digunakan untuk membantu pendidik menyampaikan materi pemebelajaran kepada peserta didik khususnya untuk pelajaran matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, kuliah, dan praktis diskusi pemanfaatan serta konsultasi. Untuk mengetahui indikator-indikator prestasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dan non teknologi para peserta, dilakukan serangkaian evaluasi pada setiap tahap kegiatan. Dari hasil evaluasi, pemanfaatan media berbasis teknologi dan non teknologi efektif untuk media pembelajaran pada mata pelajaran matematika, dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam pelatihan. Dengan adanya media ini, peserta dapat lebih kreatif dan berinovasi dalam pembuatan materi pembelajaran matematika. Antusiasme dan keaktifan peserta menunjukkan bahwa pemanfaatan penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi dan non teknologi pada pembelajaran matematika sangat diperlukan oleh guru di sekolah.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles