Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dan Control Sepak Bola menggunakan Metode Permainan
Keywords:
passing dan control, hasil belajar, permainanAbstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran sepak bola khususnya passing dan control. Dari 33 siswa hanya 10 siswa (30%) orang siswa yang mendapat nilai mencapai KKM, sedangkan 23 siswa (70%) nilainya masih dibawah KKM. Hal itu disebabkan karena siswa masih kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran passing dan control. Sedangkan penyajian materi oleh guru terlihat tidak menarik karena tidak menggunakan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar Passing Dan Control sepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam melalui Metode Permainan Bagi Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V kelas V SDN Jatiwaringin VII Pondok gede Bekasi yang berjumlah 33 siswa. Dari hasil penelitian siklus I dan II, diketahui mengalami peningkatan dari 45% pada siklus I dan 87% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan menyimpulkan bahwa belajar passing dan control melalui metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar passing dan control dengan menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas V kelas V SDN Jatiwaringin VII Pondok Gede Bekasi.