Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantu Software Wingeom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Keywords:
kemampuan komunikasi matematis, pendekatan kontekstual, wingeomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantu Software Wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama di Jakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh pendekatan kontekstual berbantu software wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di sekolah menengah pertama di jakarta”. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memiliki rata-rata yang sama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental tipe posttest-only design. Pengambilan data menggunakan Cluster Random Sampling. Data penelitian diambil dari hasil posttes yang diolah melalui uji Normalitas, uji Homogenitas, dan Effect Size. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantu software wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendekatan kontekstual berbantu software wingeom terhadap kemampuan matematis lainnya.