Problem Solving dan Drill terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat
Keywords:
drill, hasil belajar matematika, problem solvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving dan metode drill pada materi Bilangan Bulat di kelas VII MTs Miftahul Khaer Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan pemilihan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling. Kelas ekperimen adalah kelas VIIa menggunakan metode pembelajaran problem solving dan kelas VIIb menggunakan metode Pembelajaran drill. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilhan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Analisis data di lakukan dengan menggunakan uji statistik perbedaan rata-rata kedua kelompok sampel yang independen untuk melihat perbedaan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran problem solving dan metode drill di kelas VII MTs Miftahul Khaer Tangerang.