Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli melalui Permainan Voli Sasaran Lempar
Keywords:
hasil belajar, permainan voli sasaran lempar, passing atas bola voliAbstract
Ketuntasan hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran bola voli khususnya passing atas akibat siswa tidak memahami teknik dasar passing atas, pembelajaran yang monoton sehingga siswa tidak bergairah, merasa jenuh mengikuti pembelajaran bola voli. Dari 31 siswa hanya 10 siswa (30%) orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui permainan voli sasaran lempar pada siswa kelas V sekolah dasar (SD) Negeri Jatirahayu Kota Bekasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian sebanyak 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing atas yang signifikan pada siswa kelas V hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes passing atas pada setiap siklusnya pada akhir siklus II dari 31 siswa, terdapat 51,61% siswa yang tuntas dan 48,39 % siswa yang tidak tuntas hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa belajar passing atas melalui permainan voli sasaran lempar cukup efektif bagi siwa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar passing atas melalui permainan voli sasaran lempar dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa.