Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan melalui Media Audio-visual dan Gambar

Authors

  • Meri Karlina STKIP Kusuma Negara
  • Herinto Sidik Iriansyah STKIP Kusuma Negara
  • Octaviany Widyaningsih STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar IPA, media audio visual, media gambar, penelitian eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meengetahui perbedaan hasil belajar IPA pada materi pertumbuhan dan perkembangan hewan melalui media audio visual dan media gambar di SDN Sumberjaya Tambun Selatan Bekasi. Metode penelitian ini dengan jenis true experiment dengan posttest-only control design. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 44 orang siswa, tepatnya 22 orang siswa belajar dengan menggunakan media audio visual dan 22 orang siswa belajar dengan menggunakan media gambar. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual adalah 89 dan simpangan bakunya 9,97. Sedangkan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media gambar memiliki rata-rata 57 simpangan baku 11. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa thitung=8,7>ttabel=2,01 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belaja IPA siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan hewan antara pembeljaaran menggunakan media audio visual dan media gambar di SDN Sumberjaya Tambun Selatan Bekasi.

Downloads

Published

2019-12-27