Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Statistika antara Metode Tutor Sebaya dan Two Stay Two Stray
Keywords:
hasil belajar matematika, tutor sebaya, two stay two stray.Abstract
Hasil belajar matematika merupakan hal penting bagi kelulusan siswa, apalagi termasuk salah mata pelajaran yang di ujiankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada materi statistika melalui metode tutor sebaya dan metode two stay two stray. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Penelitian ini adalah dengan metode kuasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang sudah valid dan reliabel. Berdasarkan perolehan data dan uji statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh thitung = 3,220. Nilai ttabel dengan derajat kebebasan 58 = 2,002. Karena thitung > ttabel atau 3,220 > 2,002 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika antara metode tutor sebaya dan metode two stay two stray di Madsarah Tsanawiyah (MTs) Bekasi. Berdasarkan nilai rata-rata, pencapaian kelompok siswa metode tutor sebaya lebih dari siswa dengan metode two stay two stray.