Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Peer Tutoring dan Number Heads Together

Authors

  • Santha Christivanny Dompas STKIP Kusuma Negara
  • Fiki Alghadari STKIP Kusuma Negara
  • Rizki Amalia Rosuwulan STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, peer tutoring, number heads together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi aritmetika sosial antara metode peer tutoring dan number heads together. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Bitung pada sampel sebanyak 62 siswa, yaitu 30 siswa dengan metode peer tutoring dan 32 siswa dengan metode number heads together. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah divalidasi sehingga diperoleh 26 soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 3,886 > 2,000 = tkritis, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi aritmetika sosial antara metode peer tutoring dan number heads together.

Downloads

Published

2019-12-23

Issue

Section

Articles