Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Metode Examples Nonexamples

Authors

  • Nining Ratnaningsih STKIP Kusuma Negara
  • Misnianto STKIP Kusuma Negara
  • Rina Permatasari STKIP Kusuma Negara

Keywords:

belajar, examples nonexamples, meningkatkan, nilai, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa yang masih rendah nilainya dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan di SDN Bintara melalui metode examples nonexamples. Penelitian Tindakan Kelas ini ymengikuti model Kemmis dan Teggart. Terdiri dari yang siklus masing-masing ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V sebanyak tiga puluh enam siswa. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketuntasan tes IPS pada setiap siklus meningkat. Pada prasiklus yaitu 40%. Pada siklus I adalah 72%. Kemudian pada siklus II yaitu 89%. Hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar IPS menggunakan metode examples nonexamples adalah menyenangkan dan menarik bagi siswa. Pembelajaran disajikan melalui gambar yang relevan dengan kompetensi dasar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah metode examples nonexamples meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Downloads

Published

2019-12-23