Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Eka Sukmawati STKIP Kusuma Negara
  • Nirwana STKIP Kusuma Negara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan sains, metode eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan sains anak usia 4-5 tahun melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok A TK Khalifah Chimanggis Depok, jumlahnya 11 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berupa eksperimen kapilaritas air, eksperimen mengelompokkan jenis kacang-kacangan, eksperimen mencampur warna, eksperimen bermein peran sebagai makhluk hidup dan benda mati. Siklus II berupa perbaikan kegiatan eksperimen dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian adalah kemampuan sains dapat ditingkatkan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen dalam pembelajaran sains pada Siklus I, kemampuan sains dalam mengamati sebesar 61,36% pada siklus II sebesar 84,66%, kemampuan sains pada siklus I kemampuan menggolongkan (mengklasifikasikan) sebesar 61,36% pada siklus II sebesar 83,52%, kemampuan sains dalam menafsirkan (meramalkan) pada siklus I sebesar 71,59% pada siklus II sebesar 89,77%, kemampuan sains dalam mengkomunikasikan pada siklus I sebesar 57,95% pada siklus II sebesar 77,84%.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles