Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa pada Teks Deskripsi melalui Teknik SQ3R

Authors

  • Ina Rahayu STKIP Kusuma Negara
  • Venti Mawarni STKIP Kusuma Negara
  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

membaca, peningkatan, pemahaman, teks deskripsi, SQ3R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pemahaman membaca pada teks deskripsi kelas delapan menggunakan teknik SQ3R. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kelas VIII SMPN 22 Depok adalah subyek penelitian. Pengumpulan data dibagi menjadi tiga teknik: pengamatan, postest, dan wawancara. Sementara itu, intrumen penelitian berupa lembar pengamatan, daftar nama siswa, teks deskripsi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan setelah diajarkan menggunakan teknik SQ3R. Kriteria minimal kelulusan (KKM) adalah 70. Rata-rata nilai pada siklus I yaitu 66,42. Rata-rata pada Siklus II yaitu 69,42. Rata-rata nilai pada siklus III yaitu 74,57. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa teknik SQ3R dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa SMPN.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles