Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Dampak Globalisasi melalui Pembelajaran Discovery Learning
Keywords:
discovery learning, pemahaman peserta didikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada materi dampak globalisasi melalui pembelajaran discovery learning di satu SMP daerah Jakarta Timur. Penelitian ini dengan metode classroom action research. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 30 siswa. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, dapat dilihat peningkatannya pada hasil belajar sebagai berikut, Siklus I terdapat 22 peserta didik atau 73,33% yang sudah tuntas atau melebihi KKM yaitu 75, dengan nilai rata-rata 74,50, pada siklus II terdapat 27 peserta didik atau 90,00% dengan nilai rata-rata 80,17 dan pada siklus III terdapat 28 peserta didik atau 93,33% dengan nilai rata-rata 86,67. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan pemahaman peserta didik pada materi dampak globalisasi melalui pembelajaran discovery learning.