Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Student Teams Achievement Division
Keywords:
hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dan tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Remaja Jakarta pada semester 2 selama tiga bulan tepatnya pada bulan Januari sampai dengan Maret 2019. Sampel diambil secara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa, tepatnya 30 orang siswa kelas VII-A yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan 30 orang siswa kelas VII-B yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung=3,452 pada taraf signifikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.