Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Student Teams Achievement Division

Authors

  • Qori’atul Maspupah Uskom STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Desy Bangkit Arihati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dan tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Remaja Jakarta pada semester 2 selama tiga bulan tepatnya pada bulan Januari sampai dengan Maret 2019. Sampel diambil secara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa, tepatnya 30 orang siswa kelas VII-A yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan 30 orang siswa kelas VII-B yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung=3,452 pada taraf signifikan

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles