Analisis Minat Siswa terhadap Pembelajaran Fisika Kelas X MIPA di SMAN 4 Kota Jambi

Authors

  • Haini Safitri Universitas Jambi
  • Dinda Febrina Alvita Universitas Jambi
  • Elfrida Desya Novista Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.753

Keywords:

analisis, minat siswa, pembelajaran fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran fisika dan untuk mengetahui kategori minat siswa terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang dimana melalui pembagian instrument penelitian berupa angket minat pembelajaran fisika secara online dengan menyebarkan angket menggunakan google form. Sampel yang diteliti merupakan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi yang berjumlah 65 orang. Sikap siswa dalam penlitian ini menggunakan uji Likert. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi pengolah data yaitu SPSS. Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat ketahui bahwa minat siswa terhadap pembelajaran fisika terkategori baik dengan persentase 57% dari 65 siswa memiliki tanggapan yang baik terhadap pembelajaran fisika. walaupun masih terdapat persentase 30,7% yang memiliki kategori tanggapan tidak baik terhadap pembelajaran fisika. hal ini menunjukkan siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 4 Kota Jambi lebih dominan memiliki tanggapan baik terhadap pembelajaran fisika dilihat dari persentase pengisian angket minat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisak, W., & Pathoni, H. (2017). Desain Pengemasan Test Diagnostik Miskonsepsi Berbasis CBT (Computer Based Test). Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.3939

Anuar, S., & Astalini, A., Jufrida, J. (2016). Pengembangan Adjustable Single Slit Interference Kit Sebagai Media Pembelajaran Difraksi Cahaya Pada Celah Tunggal Kelas XII IPA. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 13-17. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2958

Arrasyid, H., Jufrida, J., Darmaji, D. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 60-80. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.3910

Dani, R., Latifah, N. A., & Putri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis Discovery learning melalui metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak lurus. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 24-30. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6058

Dwijayanti, E., & Pathoni, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XA di SMAN 8 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 18-21. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2959

Estianinur, E., Astalini, A., & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Berbasis Android pada Materi Ciri-Ciri Gelombang Mekanik untuk Kelas XI SMA. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4054

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522

Khodijah, D. N., Hendri, M., Darmaji, D. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 46-54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3429

Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan persepsi dengan hasil belajar fisika siswa kelas X Mia di SMA negeri 4 Kota Jambi dan sma negeri 11 kota jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 55-63. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3430

Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Kurniawan, N. (2019). Analisis sikap siswa terhadap ipa di smp kabupaten muaro jambi provinsi jambi. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 4(3), 111-127. http://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i3.4150

Masyithah, D. C., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa SMA Kelas XI. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 51-60. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4042

Oktaviana, D., Jufrida, J., Darmaji, D. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 7-12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2957

Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 61-69. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043

Purwanto, A. E., Susanti, N., & Hendri, M. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 22-27. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2954

Putri, A. R., Maison, M., & Darmaji, D. (2018). Kerjasama Dan Kekompakan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 32-40. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.5552

Rozana, T., Jufrida, J., & Basuki, F. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Poe Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMAN 11 Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 66-80. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4541

Saputra, W. R., Hendri, M., & Aminoto, T. (2019). Korelasi Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 36-45. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.3996

Setia, M. O., Susanti, N., & Kurniawan, W. (2017). Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash CS 6 pada materi hukum newton tentang gerak dan penerapannya. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 42-57. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.3963

Situmorang, P., & Nurrahman, A. (2019). Analisis Perilaku Jujur Siswa dalam Pembelajaran IPA Terpadu Materi Kalor dan Perpindahannya di SMP Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 71-79. https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.9012

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1),71-81. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Suyono, S., Maison, M., & Nehru, N. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle pada Materi Termodinamika di SMA. EduFisika Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 34-41. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4065

Taqwa, M. R. A., Astalini, A., & Darmaji, D. (2015). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN Se-Kota Jambi. In Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Purworejo, (pp. 220-227).

Downloads

Published

2022-01-17