Analisis Masalah Program Penjaminan Mutu Lulusan di SMAN 1 Ciampel Kabupaten Karawang

Authors

  • Halimatusha'diah Halimatusha'diah Universitas Indraprasta PGRI
  • Maulana Abduh Rajabi SMA Negeri 1 Ciampel

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1077

Keywords:

lulusan, penjaminan mutu, program sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa masalah-masalah yang terjadi dalam kegiatan program Penjaminan Mutu Lulusan (PML) yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Ciampel. Program PML ini dibuat untuk meningkatkan daya serap lulusan sekolah ini yang terdiri dari 5 inti program, yaitu pendampingan lulusan, Bursa Kerja Khusus (BKK), Balai Latihan Kerja (BLK), Kewirausahaan, serta Kurikulum Kejuruan dan Universitas. Tempat penelitian ini adalah SMAN 1 Ciampel yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 program yang dibuat, adanya permasalahan yang menjadi hambatan dalam program PML yaitu 1) rendahnya motivasi siswa 2) rendahnya dukungan orang tua untuk mengikuti program pendampingan alumni, 3) kurangnya efektivitas kerja tim kurikulum dalam melaksanakan program 4) sistem manajerial yang belum berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balzac, S. R. (2011). Organizational Development. McGraw-Hill.

Dakir. P. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Rineka Cipta.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2000). Quality Management: Introduction to Total Quality Management for Production, Processing, and Services. Prentice-Hall, Inc.

Greenberg, J. (2010). Managing Behavior in Organizations. Pearson.

Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosda Karya.

Juran, J. M., & Godfrey, A. B. (1999). Juran’s Quality Handbook (Fifth). McGraw Hill.

Nasution. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jemmars.

Putra, A. P. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Persepsi terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Air Terjun Selendang Arum, Songgon-Banyuwangi. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 5(1), 171-192.

Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi PElayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing.

Slocum, J. W., & Hellriegel, D. (2007). Fundamentals of Organizational BEhavior. Thomson.

Sudrajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Cipta Lekas Grafika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (4th ed.). Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-01-17