Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Autis di Sekolah SLB Restu Ibu Bukittinggi

Authors

  • Almuhardi Safarman Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1069

Keywords:

anak autis, pendidikan agama islam, sekolah luar biasa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian anak autis sulit untuk berkomunikasi interaktif dengan orang lain. Kadang, jawaban mereka tidak selalu sesuai dengan hal yang ditanyakan. Bahkan ada anak yang sulit untuk bergaul dengan teman-temannya karena sifatnya yang lebih suka menyendiri. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana pihak sekolah melaksanakan pembelajaran pada anak autis berdasarkan kekurangan anak tersebut. Penelitian lapangan (field research) ini dilaksanakan di SLB Restu Ibu Bukittinggi. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam (PAI) dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa usaha-usaha yang dilakukan pihak sekolah dalam pelaksaan pembelajaran PAI adalah dengan cara melakukan praktek secara langsung, atau memberi teguran secara langsung. Misalnya seperti latihah sholat dan dzikir. Tetapi di sekolah tidak memberikan latihan puasa kepada anak autis, serta tidak juga melakukan pendekatan visual dikarenakan sekolah lebih mengutamakan untuk berinteraksi secara langsung antara pendidik dan peserta didik. Akibatnya, tidak semua anak menjadi aktif karena masih ada anak yang belum mengalami perubahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alessandra, T. M., & R-Suradijono, S. H. (2020). Modifikasi Perilaku untuk Meningkatkan Kepatuhan pada Anak dengan High Functioning Autism Spectrum Disorder. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1), 1-21. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i1.15553

As-Sakandari, I. A. (2018). Seluk Beluk Dzikrullah. Pustaka Pesantren.

Asna, A. (2018). Pengasuhan keluarga islami dalam menangani anak autis. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 4(1), 149-169. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v4i1.290

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 59-72. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i11.95

Bektiningsih, K. (2009). Program terapi anak autis di SLB negeri semarang. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 95-110. https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.96

Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Edukasia Islamika, 4(1), 62-76. https://doi.org/10.28918/jei.v4i1.2260

Carlson, N. R. (2012). Fisiologi Perilaku. Erlangga.

Dachlan, A. M., Erfansyah, N. F., & Taseman, T. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. CV Budi Utama.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1), 84-103. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i1.131

Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 41-63.

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). Early Chilhood Islamic Education and Development, 1(2), 84-97. http://dx.doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462

Inda, S., Anggraini, D., & Ginting, D. (2021). Peran orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Desa Sei Nangka. RAMBATE, 1(1), 81-84.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19-25.

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 137-154. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71-85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542

Kinanthi, M. (2017). Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah & Thibbun Nabawi. Ide Segar Media.

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121-126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14

Lubis, M. S. (2018). Metodologi Penelitian. CV Budi Utama.

Mufidah, L. I. (2015). Pentingnya Psikoterapi Agama dalam Kehidupan di Era Modern. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 1(2), 181-196.

Muhtar, M. Y. (2016). Aku ABK, Aku Bisa Shalat. Gramedia Pustaka Utama.

Muzakkir, M. (2019). Hidup sehat dan bahagia dalam perspektif Tasawuf. Prenadamedia Group.

Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an. Prenada Media.

Nunsiyah, H. O. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak Tunagrahita (Studi di SKh Al-Khairiyah Citangkil Kota Cilegon). Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1-14.

Nurina, P. (2015). Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Autis Pada Sekolah Inklusif. YPM Press.

Pamuji, P. (2014). Adaptasi Media Pembelajaran Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 117-127. http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22014p117-127

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., Fatmawati, F., & Sopandi, A. A. (2021). Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum Autisme. UNP Press.

Suparlan, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Persepektif Islam. PENSA, 2(3), 249-261. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i3.949

Rahmawati, R., Firdaus, A. H., & Selamet, S. (2020). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah luar biasa negeri Ciamis. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 89-114.

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418-440. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66

Sanjaya, D. R. (2020). Atasi Psikosomatik dengan Terapi Puasa. GUEPEDIA.

Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109-136. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Umar, S. (2019). Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. CV Budi Utama.

Wulur, M. B. (2015). Psikoterapi Islam. Deepublish.

Yatim, F. L. (2002). Autisme: Suatu Gangguan Jiwa pada Anak-anak. Yayasan Obor Indonesia.

Zulkafli, N. S., Majid, L. A., & Ishak, H. (2018). Inovasi Perubatan Melalui Terapi al-Quran Terhadap Kanak-Kanak Autisme. Al-Turath Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 3(2), 40-45.

Downloads

Published

2022-01-17