Analisis Deiksis Sosial Teks Eksplanasi Berbasis Ekologi Karya Siswa Kelas VIII SMPN 3 Penukal Utara Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1051Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deiksis sosial yang ada di dalam Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. Deiksis sosial relasional dan deiksis sosial mutlak merupakan dua aspek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata dan frasa yang menunjukkan deiksis sosial di dalam Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca, catat, dan inventarisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deiksis sosial relasional dan deiksis sosial mutlak yang digunakan berupa kata dan frasa. Temuan deiksis sosial relasional meliputi Ibu, bapak, saudara sekalian, mbak, pak, Anda, kau, kamu, dik, yuk, bu dan nak. sedangkan deiksis sosial mutlak (absolute) meliputi bapak kepala sekolah, pak guru, bu guru, siswa, siswi, kades, bukades, anak raja, sang rembulan, puyang. Fungsi penggunaan atau pemakaian deiksis sosial dalam teks Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. berfungsi sebagai pembeda tingkat sosial seseorang, sopan santun dalam berbahasa, memperjelas kedudukan seseorang, identitas, memperhalus pemakaian berbahasa, dan memperjelas hubungan sosial kekerabatan. Penelitian ini menggolongkan aspek kebahasaan dari teks karya siswa.
Downloads
References
Astut, N. K. (2015). Bentuk dan Fungsi Deiksis Sosial pada Novel Kirti Njunjung Drajat Karya R. Tg. Jasawidagda (Publication No. 22125) [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository.
Cummings, L. (2007). Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Pustaka Pelajar.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.
Djatmika & Isnanto. (2015). Menulis Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris. Pakar Raya.
Dornyei, Z. (2007). Research Methods in Applied Linguistics. Oxford University Press.
Hartanto, A. (2017). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan EMPIRISME, 23(6), 7–18.
Huang, Y. (2007). Pragmatics. Oxford University Press.
Ismawati, E. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yuma Pustaka.
Kushartanti, U. Y., & Lauder, M. R. (2005). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Gramedia.
Laurence, R., & Gregory, W. (2006). The Handbook of Pragmatics. Blackwell Publishing.
Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. Cambridge University Press.
Levinson, S. (2006). ‘Deixis and Pragmatics’ for Handbook of Pragmatics. University of Nijmegen.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Wardarita, R. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Elmatera Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License