Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di TKIT Al Fatah

Authors

  • Iis Dewi Lestari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1036

Keywords:

blended learning, implementasi, model pembelajaran

Abstract

Banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran online di masa pandemi, seperti kurangnya minat siswa. Model blended learning merupakan salah satu alternatif pembelajaran selama pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model blended learning di TKIT Al Fatah. Metode penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa TKIT Al Fatah dan objek penelitian ini adalah Implementasi Blended Learning di TKIT AL Fatah. Sampel dari penelitian ini adalah menggunakan snaw ball sampling yaitu guru dan siswa di kelas TK B. Teknik analsis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) implementasi blended learning di TKIT AL Fatah menggabungkan model pembelajaran online (zoom meeting, whatsapp group dan youtube) serta menggunakan pembelajaran tatap muka terbatas yang terbagi menjadi dua sesi setiap pertemuannya, 2) Pemilihan media pembelajaran zoom meeting, whatsappgroup dan youtube untuk pembelajaran online berdasarkan kesepakatan orang tua murid dan pihak sekolah, 3) Pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa berjalan sesuai dengan aturan dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmendri, A., & Sari, M. (2018). Analisis Teori-Teori Belajar pada Pengembangan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-FB). Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 4(2), 604-615. http://dx.doi.org/10.15548/nsc.v4i2.449

Fahrulliah, A., & Turdjai, T. (2019). Application of blended learning models to improve learning independence and achievement. Jurnal ilmiah teknologi pendidikan, 9(2), 101-111. http://dx.doi.org/10.33369/diadik.v9i2.17438

Hartono, H., Saputro, M., & Fitriawan, D. (2019). Penerapan model pembelajaran blended learning pada mata kuliah logika dan penalaran matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 84-89. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.849

Idris, H. (2018). Pembelajaran model blended learning. Jurnal Ilmiah Iqra', 5(1). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Manggabarani, A. F., Sugiarti, S., & Masri, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo (studi pada materi pokok sistem periodik unsur). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17(2), 83-93. https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4688

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Rahartri, R. (2019). "Whatsapp" media komunikasi efektif masa kini (Studi kasus pada layanan jasa informasi ilmiah di kawasan PUSPIPTEK. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147-156.

Suparmo, L. (2017). Semiotics in Signs, Symbols and Brands (Semiotika dalam “tanda”, simbol dan merek). Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(1), 71-81. http://dx.doi.org/10.33376/ik.v2i1.20

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.

Downloads

Published

2022-01-17