Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh melalui Olahraga yang Efektif

Authors

  • Surya Adi Saputra STKIP Kusuma Negara

Keywords:

imunitas, olahraga yang efektif, pandemik

Abstract

Olahraga terukur dan terprogram serta asupan gizi seimbang merupakan faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh, seperti saat pandemi COVID-19 sekarang ini. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, serta bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Namun tidak semua cabang olahraga dapat dilakukan masyarakat pada saat pandemi. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan, diantaranya dapat dilakukan di dalam atau disekitar halaman rumah, efisien dari sisi waktu dan alat yang digunakan. Agar olahraga bisa membuat imunitas membaik, maka harus memenuhi kriteria FITT. FITT merupakan singkatan dari frequency, intensity, time, type. Frequency, olahraga sebaiknya dilakukan 3-5 kali seminggu. Intensity, lakukanlah olahraga dengan intensitas sedang atau 65%-75% dari denyut nadi maksimal (DNM) dikurangi umur (220-umur). Time, atau lamanya berolahraga. Lakukan olahraga 20-30 menit, dan apabila kemampuannya memungkinkan, bisa dilakukan selama satu jam. Type atau jenis olahraga yang dilakukan harus bersifat aerobik. Di masa pandemi karena harus diam di rumah, jenis olahraga yang mudah dilakukan adalah dengan sepeda statis, jalan/jogging, loncat-loncat di tempat tanpa berhenti, sesuai kemampuan. lakukan olahraga dengan suasana hati gembira agar dapat mengoptimalkan produksi hormon kebahagiaan atau endorphin dan meningkatkan imunitas.

Downloads

Published

2020-11-24

Issue

Section

Articles