Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and Learning

Authors

  • Sinta Ayu Dwi Wulandari STKIP Kusuma Negara
  • Hardi Pranowo STKIP Kusuma Negara
  • Abdul Rukyat STKIP Kusuma Negara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan hasil belajar matematika dalam  materi Segiempat, antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang menggunakan model Contextual teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, tepatnya bulan April sampai bulan Mei 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa melalui model STAD, memiliki mean 75,1, median 78,25, modus 72,61 ,dan simpangan baku 10,89. Selanjutnya, hasil belajar siswa melalui model CTL, memiliki mean 65,9, median 64,7, modus 62,9 ,dan simpangan baku 12,87. Berdasarkan hipotesis diperoleh thitung=2,987>ttabel=2,02 pada taraf signifikan 0,05. Disimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD, dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles