Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan hasil belajar matematika dalam materi Segiempat, antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang menggunakan model Contextual teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, tepatnya bulan April sampai bulan Mei 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa melalui model STAD, memiliki mean 75,1, median 78,25, modus 72,61 ,dan simpangan baku 10,89. Selanjutnya, hasil belajar siswa melalui model CTL, memiliki mean 65,9, median 64,7, modus 62,9 ,dan simpangan baku 12,87. Berdasarkan hipotesis diperoleh thitung=2,987>ttabel=2,02 pada taraf signifikan 0,05. Disimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD, dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.