Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Pkn Siswa pada Materi Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara melalui Model Pembelajaran Inquiry

Authors

  • Jayadi Jayadi SMP Islam Ar-Ridho Citeureup
  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

dasar negara, kemampuan belajar, pancasila, pembelajaran inquiri

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar PKn siswa dalam materi perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara melalui model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan Metode tindakan kelas Yang mencakup tiga siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 69,06, yang masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), yang harus dipenuhi yaitu 75 karena hanya 24 siswa yang mencapai KKM selebihnya yaitu 16 siswa masih memiliki nilai dibawah KKM. Pada siklus II terdapat peningkatan walaupun 9 siswa dari 40 siswa yang ada masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dan ini menjadi pokok perhatian peneliti bagaimana meningkatkan kemampuan belajar PKn tersebut. Pada siklus III rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 78,43 secara keseluruhan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal walaupun masih ada 3 siswa yang secara individu mendapat nilai 68,75 atau berada dibawah KKM. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri meningkatkan kemampuan belajar PKn.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles