Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hak Asasi Manusia melalui Metode Diskusi
Keywords:
hasil belajar, metode diskusiAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hak asasi manusia (HAM) dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada kelas X SMK Setia Gama Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan classroom action research (penelitian tindakan kelas). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Setia Gama Jakarta dengan senpel sebanyak 34 siswa yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian antara lain catatan guru, catatan peserta didik, wawancara dan berbagai dokumen yang terkait dengan peserta didik. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa tentang HAM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.