Penggunaan Media Hidroponik dalam Perkembangan Kecerdasan Naturalis
Keywords:
kecerdasan naturalis, penggunaan media hidroponikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan media hidroponik dalam pengembangan kecerdasan naturalis anak di PAUD Nurul Amal. Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang dimiliki oleh individu terhadap tumbuhan, hewan dan lingkungan alam sekitarnya. individu yang memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi akan mempunyai minat dan kecintaan yang tinggi terhadap tumbuhan, bintang dan alam semesta. Sedangkan Media Hidroponik adalah suatu cara anak untuk pembelajaran bercocok tanam yang dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya dan guru sebagai fasilitator dengan alat yang sudah disiapkan oleh gurunya sendiri bercocok tanam menggunakan media hidroponik yang dilakukan adalah menanam sayuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 1 orang guru di kelas, data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Media hidroponik ini telah dilakukan oleh anak di PAUD Nurul Amal Desa Situsari Cileungsi dan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Penelitian ini juga menyimpulkan Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak yang berbeda-beda.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.