Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi
Keywords:
cerita rakyat, pemahaman isi teks bacaan, teknik membaca cepatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman isi teks bacaan materi cerita rakyat menggunakan Teknik Membaca Cepat pada siswa kelas IV Semester genap SD Negeri Jatisari III Tahun Pelajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dalam 2 siklus dimana masing masing siklus mencakup 4 tahap penting yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil tes kemampuan memahami isi teks bacaan cerita rakyat yang signifikan pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata rata tes pada prasiklus=43% diketahui siswa yang mendapatkan nilai di atas 70 hanya 2 dari 30 siswa masuk ke dalam kategori kurang, pada siklus 1=66% diketahui siswa yang memiliki nilai diatas 70 sebanyak 13 siswa masuk kedalam kategori cukup, dan pada siklus 2=82% diketahui 26 dari 30 siswa mendapatkan nilai di atas 70 masuk kedalam kategori baik. dan didukung oleh hasil wawancara yang dilakukan, menyimpulkan bahwa belajar memahami isi teks bacaan menggunakan teknik membaca cepat sangat menyenangkan dan merupakan pengalaman baru bagi mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.