TED (Teknologi, Hiburan dan Design) Talks: Sebuah Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

  • Sri Arnita Padang STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati Susilawati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbicara, pendekatan berbasis tugas, TED talks video

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana video TED Talks sebagai media pembelajaran di kelas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, bagaimana video TED Talks dapat diterapkan di kelas berbicara, bagaimana tanggapan siswa setelah menggunakan video TED Talks dalam  proses belajar mengajar. Terdapat 37 siswa kelas X SMK di SMK Taruna Bhakti Depok Jawa Barat. Terdiri dari empat tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian setelah pelaksanaan TED Talks menunjukkan adanya peningkatan berbicara di kelas. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa pada siklus 1=70% yang lulus KKM. Pada siklus 2=86% yang lulus KKM dan pada siklus 3=97% yang lulus KKM. Dari hasil observasi yang menunjukkan penerapan media TED Talks membuat siswa lebih bersemangat, percaya diri dan aktif dalam berbicara bahasa Inggris. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menjadi tertarik untuk belajar bahasa Inggris terutama pada kemampuan berbicara. Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan TED Talks dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan menggunakan TED Talks media untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles