TED (Teknologi, Hiburan dan Design) Talks: Sebuah Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
Keywords:
keterampilan berbicara, pendekatan berbasis tugas, TED talks videoAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana video TED Talks sebagai media pembelajaran di kelas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, bagaimana video TED Talks dapat diterapkan di kelas berbicara, bagaimana tanggapan siswa setelah menggunakan video TED Talks dalam proses belajar mengajar. Terdapat 37 siswa kelas X SMK di SMK Taruna Bhakti Depok Jawa Barat. Terdiri dari empat tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian setelah pelaksanaan TED Talks menunjukkan adanya peningkatan berbicara di kelas. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa pada siklus 1=70% yang lulus KKM. Pada siklus 2=86% yang lulus KKM dan pada siklus 3=97% yang lulus KKM. Dari hasil observasi yang menunjukkan penerapan media TED Talks membuat siswa lebih bersemangat, percaya diri dan aktif dalam berbicara bahasa Inggris. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menjadi tertarik untuk belajar bahasa Inggris terutama pada kemampuan berbicara. Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan TED Talks dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan menggunakan TED Talks media untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.