Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV

Authors

  • Tiya Meiliawaty STKIP Kusuma Negara
  • Evayenny E STKIP Kusuma Negara
  • Eva Oktaviana STKIP Kusuma Negara

Keywords:

IPS, pola asuh orang tua, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey dengan teknik korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cibarusah Kota 02, Bekasi. Sampel sebanyak 37 siswa yang diperoleh melalui teknik proporsional sampling. Waktu penelitian adalah tiga bulan yaitu dari bulan Mei 2020 sampai bulan Juli 2020. Data penelitian di dapat dari data primer dan data sekunder. Data primer untuk angket dan data sekunder untuk tes sebagai data penilaian tengah semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai korelasi (rxy) sebesar 0,364 lebih besar dari rtabel sebesar 0,344 besar kisarannya antara 0,20–0,40 menunjukkan interpretasi rendah, uji signifikansi yang diperoleh thitung sebesar 2,314 lebih besar dari ttabel sebesar 2,03. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa r2=0,133 artinya 13,3% prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Penilitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Published

2020-12-01