Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Role Playing
Keywords:
metode role playing, motivasi belajar, pelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia melalui metode role playing pada peserta didik kelas III semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap. Subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik, sedangkan data dikumpulkan menggunakan tes, wawancara, angket, catatan lapangan, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia dalam menulis cerpen pada peserta didik kelas III. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes Bahasa Indonesia pada setiap siklus meningkat, yaitu pada siklus I=66,5%; siklus II=74% dan siklus III=81%. Dari hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar Bahasa Indonesia dengan meggunakan metode role playing adalah menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia menulis cerpen pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.