Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Menghitung Volume Kubus dan Balok melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education
Keywords:
Minat Belajar, Realistic Mathematics Education, volume kubus dan balokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi menghitung volume kubus dan balok melalui pendekatan Realisttic Mathematics Education (RME) di kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 MI Al-Koheriyah Sadang Kecamtan Cariu Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing mencakup 4 tahapan yakni planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian dilakukan selama 4 bulan yakni dari bulan Februari 2020 hingga Juni 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 17 peserta didik, sedangkan data dikumpulkan melalui angket/kuesioner, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan minat belajar matematika yang signifikan di kelas V MI Al-Khoeriyah Sadang. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata presentase angket atau kuesioner dari setiap siklus meningkat, yakni pada siklus I=49%, siklus II=71%, lalu pada siklus III sama dengan 81%, kemudian dari hasil wawancara dan catatan lapangan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui pendekatan RME adalah meningkatkan antusias dan menyenangkan bagi peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




