Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Authors

  • Yeti Nurhikmah STKIP Kusuma Negara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Keterampilan menulis karangan narasi, Pop up book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media gambar berseri berbasis Pop-Up Book pada pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Sukamaju 2 Tapos-Depok. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Tahap validasi produk divalidasi oleh 1 dosen dan 1 guru yaitu ahli media dan ahli materi. Produk diuji coba pada siswa kelas IV dengan memberikan angket. Hasil validasi pada media pembelajaran Pop-Up Book oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 78% dengan kriteia layak, ahli materi memperoleh rata-rata persentase 75% dengan kriteria layak, dan respon siswa pada uji coba di SD Negeri Sukamaju 2 memperoleh rata-rata persentase 87% dengan kriteria sangat layak. Disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar berseri berbasis Pop-Up Book pada materi pokok keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2021-01-13