Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi
Keywords:
minat membaca, keterampilan menulis, narasi siswa SDAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik korelasi. Dalam penelitian ini terdapat 34 siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian sedangkan untuk uji coba terdapat 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Variabel yang dikaji yaitu minat membaca dan keterampilan menulis narasi. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik statistik parametris. Analisis deskriptif dengan melakukan penyajian data melalui tabel dan diagram batang, sedangkan analisis statistik parametris melalui teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat membaca siswa berada pada kategori sangat kuat, yaitu sebesar 52.49% dan keterampilan menulis narasi siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu sebesar 82.35%. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai rhitung > rtabel (0.5185 > 0.3390). Besar koefisien determinasi (KD) adalah 27%, ini berarti minat membaca mempengaruhi keterampilan menulis narasi sebesar 27%. Besar korelasi antara minat membaca dengan keterampilan menulis narasi termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Jatimekar II Bekasi Tahun Ajaran 2020/2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.