Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat Belajar Siswa
Keywords:
Energi Alternatif, Minat Belajar, Model Pembelajaran, Project Based LearningAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa dalam materi keberagaman suku bangsa dan agama di negeriku melalui metode problem solving.. pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Metode Penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Tggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perenanaan, pelaksanaan, observasi dan releksi. Waktu Penelitian adalah 6 bulan yaitu dari bulan Januari 2021 sampai bulan Juni 2021 dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pkn yang signifikan pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes pkn pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1 = 73,52% dan siklus 2 = 83,23% dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar pkn melalui metode adalah menyenangkan bagi siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.