Kiat Sukses dalam Pembelajaran Daring untuk Mendukung Merdeka Belajar

Authors

  • Hatma Suryatmojo Universitas Gadjah Mada

Keywords:

kiat sukses, merdeka belajar, pembelajaran daring

Abstract

Belajar secara online di masa pandemi adalah solusi terbaik yang harus kita ikuti. Walaupun Pembelajaran Jarak Jauh berbasis internet tidak lagi dilakukan di dalam kelas, tetapi kita masih bisa menyelengarakan Kegiatan Belajar Mengajar menggunakan berbagai aplikasi belajar online yang sesuai fungsi dan manfaatnya masing-masing. Adapun salah satu bentuk aplikasi yang digunakan dalam Pembelajaran Daring adalah google classroom, rumah belajar, ruangguru, quipper, atau website pribadi milik sekolah. Pendidikan 4.0 menghubungkan pendidikan di mana semua orang, benda, dan mesin terhubung untuk menghasilkan pembelajaran yang dipersonalisasi (personalized learning). Pendidikan 4.0 adalah program untuk mendukung terwujudnya pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pendidikankelas dunia yang menghasilkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan program pendidikan “Merdeka belajar” yang dijadikan arah pembelajaran ke depan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif dengan mengumpulkan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menyatakan “Merdeka Belajar” terdiri dari empat program pokok meliputi Penilaian USBN Komprehensif, UN diganti dengan assessment penilaian, RPP dipersingkat dan zonasi PPDB lebih fleksibel. Untuk mengimplementasikan program “Merdeka Belajar” perlu tranformasi kurikulum sekolah dan pembelajaran; transformasi manajemen pendidikan nasional dan transformasi manajemen pendidikan daerah dan otonomi sekolah.

Additional Files

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles