Inovasi Model Pembelajaran Daring di Era New Normal untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)
Keywords:
inovasi, merdeka belajar kampus merdeka, pembelajaran daringAbstract
Inovasi model pembelajaran daring di era new normal untuk mewujudkan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) adalah hal penting untuk dikaji dan ditelaah lebih lanjut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi atau pelaksanaan pembelajaran daring di program merdeka belajar kampus merdeka. menggunakan metode blended learning yang memadukan metode belajar tatap muka langsung berbasis online virtual dan metode belajar mandiri terstruktur dengan menggunakan media aplikasi sosial berbasis online. Hambatan yang ditemui dalam pembelajaran daring adalah minimnya penguasaan teknologi/ IT, keterbatasan kuota internet dan fasilitas belajar yang disebabkan faktor ekonomi, jaringan internet yang kurang stabil, fasilitas aplikasi online gratis yang kurang maksimal, Pembelajaran daring pada dasarnya merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan jaringan (internet) jarak jauh, dengan bantuan alat perantara sepertigadget, laptop, smartphone dengan aplikasi seperti google classroom, zoom, skype, whatsapp, hangout, web conference. Pada dasarnya pembelajaran daring pada era new normal untuk melaksanakan program sosial atau physicaldistancing, namun ternyata pelaksanaan program ini menemui banyak kendala, terutama ketidaksiapan pengajar dan pembelajar.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.