Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri
Keywords:
Konsep perbandingan, Hasil Belajar, StoikiometriAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bertujuan mendapatkan data dan fakta untuk mengetahui hubungan dan kontribusi antara pemahaman konsep perbandingan pada matematika dengan hasil belajar kimia materi Stoikiometri. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI MIA SMA PKP Jakarta Islamic School. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan menggunakan instrumen bentuk tes objektif. Uji hipotesis dilakukan dengan uji korelasi product moment, diperoleh rxy = 0,863 dan rtabel = 0,349, sehingga rxy> rtabel, dapat disimpulakn H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat hubungan antara pemahaman konsep perbandingan dengan hasil belajar kimia materi stoikiometri. Uji taraf signifikansi dilakukan dengan uji–t, diperoleh tobs = 9,342, ttabel = 1,697 sehingga tobs> ttabel, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara pemahaman konsep perbandingan dengan hasil belajar kimia materi stoikiometri.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License