Pengetahuan Guru Tentang Konstruksi Tes, Penguasaan Materi Pelajaran Sains Dengan Reliabilitas Tes Buatan Guru
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.120Keywords:
konstruksi tes, materi pelajaran, reliabilitas tesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes, penguasaan materi pelajaran sains dengan reliabilitas tes buatan guru . Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Multistage random sampling. Penetapan tehnik ini berdasarkan pertimbangan bahwa sampel yang diharapkan sebagai unit analisis dapat menyebar secara merata agar proposional dan representatitif. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data tentang pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda dan reliabilitas tes buatan guru menggunakan tehnik dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains secara Bersama – sama dengan reliabilitas tes buatan guru adalah positif dan sangat signifikan.
Downloads
References
Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological testing. New Jersey: Pearson Education.
Arikunto, S, (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bloom, B. S., (1979). Taxonomy of Educational Objectives. London: Longman Ltd.
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta, Grasindo.
Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1992). Principles of instructional design. Orlando: Harcout Brace and Company.
Kemp, J. E. (1997). Instructional Design: A Plan for Unit and Course Development. California: Fearon Published
Safari. (2008). Pengujian dan Penilaian Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Roda Pengetahuan.
Santoso. (2008). Kontribusi Penguasaan Materi Bahasa Inggris Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa (Penelitian Kemampuan Guru SMA Negeri Malang) [PDF file]. Retrieved from http://eprint.undip.ac.id/12368/.
Silverius, S. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.
Tuckman, B. W., & Harper, B. E. (2012). Conducting Educational Research. USA: Rowman & Littlefield Publishers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License