Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris Pengaruh Kemampuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis regresi sederhana. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang merupakan konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sehingga memungkinkan teknik analisa statistik. Penelitian dilaksanakan di SMK Informatika Bina Generasi Kabupaten Bogor tahun ajaran 2018/2019 kelas X dengan jurusan Multimedia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Tahap yang dilakukan sebanyak 3 stage (tahap), yaitu: tahap pertama memilih kelompok belajar (pada penelitian ini, yang dipilih kelompok belajar reguler), tahap kedua memilih kelas (rombongan belajar), dan tahap ketiga memilih subjek penelitian (siswa). Pengumpulan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data peneliti adalah tes sebanyak 10 soal Uraian untuk kemampuan awal dan 10 soal untuk prestasi belajar matematika. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada taraf signifikan 0,05, maka diperoleh Fhitung > Ftabel ( 4,46 > 3,00) maka H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astuti, P. S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Muzayyin. (2010). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi: Universitas Indraprasta PGRI.

Nurrahmah, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Logik Matematika dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif,: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 107-199.

Prihatin. (2014). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Riswanto, H. & Dasmo. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Mind Map. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 100-106.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilawati, & Budi. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognitif Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jakarta: Edu Research, Unindra Press.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tojibah, & Suhendri. (2015). Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Edu Research, Unindra Press.

Published
2019-12-28
Section
Articles