Internalisasi Nilai Disiplin melalui “Perencanaan” Orang Tua dalam Membentuk Karakter Baik Remaja

Authors

  • Antonius A. Saetban Universitas Tribuana Kalabahi

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.285

Keywords:

Parents, planning, internalization, discipline values

Abstract

Internalisasi sebagai proses penanaman nilai kedalam jiwa seseorang sehingga nilai tersebut tercermin pada sikap dan prilaku yang ditampakan dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan hidup, cara hidup, dan tujuan hidup orang tua akan berdampak bagi remaja. Orang tua dituntut untuk tidak hanya sekedar memberikan ceramah melalui kata-kata, tetapi perlu merencanakan nilai disiplin yang baik dengan cara memberikan contoh kongkrit kepada remaja. Karena itu, dilakukan penelitian kualitatif ini untuk melihat bentuk kedisiplinan dari masing-masing orang tua yang berbeda latar belakang dari pekerjaan dan status sosial. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara tertulis dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perencanaan orang tua dalam menginternalisasi nilai disiplin. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang cukup mendasar dalam hal perencanaan orang tua untuk menginternalisasikan nilai disiplin dalam menbentuk karakter baik remaja. Ketiga keluarga memberi perhatian serius sebagai wujud tanggung jawab orang tuadalam mendidik, mengawasi dan mengarahkan remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asroha, H. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: Kopertais IV-Pemprof Jatim.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Chandra, A. (2018). Hubungan perhatian orang tua dan iklim sekolah dengan disiplin pada siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 1-14.

Daradjat, Z. (2003). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 6(2), 55-65.

Gunarsa, Y. S. D., & Gunarsa, S. D. (1988). Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018). Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 23-32.

Hidayat, D. K. (2017). Peran Orang Tua Pengrajin Mebel Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Remaja Di Desa Langon Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Unnes Civic Education Journal, 3(1), 79-88.

Ihromi, T. O. (2004). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245-260.

Ma’arif, S. (1991). Pemikiran Tentang Pembaharuan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Muhtar, T., Suherman, A., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2018). Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Nadlir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338-352.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 38-49.

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Abadi.

Rahman, I. A. (2008). Hubungan antara persepsi terhadap pola asuh demokratis ayah dan ibu dengan perilaku disiplin remaja. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), 69-82.

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.

Saputra, D. (2018). Potret Sosial Remaja Masa Kini (Studi Pada Remaja Pengguna Smartphone Di Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu Kota Kendari). Jurnal Neo Societal, 3(3), 547-554.

Sunarti, E. (2004). Mengasuh dengan hati. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suryani, I. (2015). Penanaman nilai-nilai anti korupsi di lembaga pendidikan perguruan tinggi sebagai upaya preventif pencegahan korupsi. dalam Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 285-301.

Uno, H. B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-07-22