Penerapan Model Inkuiri Sosial terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Dini Widya Astuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.271

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Model Inkuiri Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan model Inkuiri sosial pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pakulonan 01 Kota Tangerang Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent Control Grup Design. Sampel yang diteliti adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang peserta didik dan  kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah  25 peserta. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Uji beda dua rata-rata dengan Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,5814 dan ttabel 2,0106. Dengan demikian memenuhi kriteria pengujian thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan model inkuiri sosial peserta didik kelas IV Sekolah dasar pada mata pelajaran IPS, pada materi: (1) kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi; (2) jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan corak kehidupan masyarakat sekitar; dan (3) jenis-jenis pekerjaan menghasilkan barang dan jasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., & Taniredja, T. (2017). Developing Values of Pancasila’s Second Principle for Sixth Grader Students. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 165-178.

Antini, N. K. A., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Sujana, I. W. (2014). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letda Kajeng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 1-10.

Ariani, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Bebasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa/I PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 108-115.

Astuti, H. D., Suara, I. M., & Abadi, I. B. G. S. (2016). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan ips dan kemampuan berpikir kritis tema sejarah peradaban indonesia siswa kelas v sdn 1 sumerta tahun ajaran 2015/2016. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1-10.

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-70.

Hendracipta, N., Nurhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar .Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(2), 215-227.

Lilasari, Q. I. E. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPS Materi Masalah Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(2), 1009-1018.

Nurlaela, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 180,187.

Nursiti, N. (2013). Keterampilan berpikir kritis (critical thinking skill) dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Widyaiswara LPMP Jawa Barat, 1(1), 1-10.

Ritiauw, S. P., & Salamor, L. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan , 4(1), 43-56.

Rizqi, Y. F. (2020). Implementasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran IPS Untuk Mengantisipasi Isu Global Di Sekolah Menengah Pertama. Historika, 23(1), 41-58.

Rodiyana, R. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 34-43.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Harmony, 2(1), 7-12.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, T. (2015). Pengembangan Strategi Konstruktivistik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Mahasiswa. Sosiohumanika, 8(1), 55-66.

Suprihatin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Interaksi Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SD (Publikasi No. 31072) [Magister Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Wariyanti, A., Rusijono., & Nasution. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019-1024.

Downloads

Published

2020-07-22