Kompetensi Taruna dalam Melaksanakan Pembelajaran Online: Studi Kasus di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksaanaan pembelajaran online yang ditinjau dari kompetensi taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) angkatan 52 prodi manajemen pemasyarakatan kelas B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh taruna Poltekip angkatan 52 prodi manajemen pemasyarakatan kelas B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dari pearson yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 21. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan satu kali pengukuran (Single Trial Administration) dengan menggunakan rumus koefesien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kompetensi taruna, sangat berkompeten dalam melaksanakan pembelajaran online, dilihat dari indikator-indikatornya yaitu knowladge, skill dan attitude.
Downloads
References
Amalia, L., & Suwatno, S. (2016). Peningkatan kompetensi siswa melalui efektivitas competency based training. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 30-37.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, R. H. (2020). Langkah-Langkah Strategis untuk Mencegah Pandemi Covid-19 di Lembaga Pemasyarkatan Indonesia. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 43-55.
Hutapea, P. d. (2008). Kompetensi Komunikasi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.
Kandou, Y. L. (2016). Pengaruh knowledge management, skill dan attitude terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 147-158.
Lubis, R. M., & Oktaviani, S. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat di Ruang Rawat Inap Lantai 8B RSUD Koja Jakarta Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD). Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 1(2), 21-25.
Noor, K. B. M., & Dola, K. (2009). Job competencies for malaysian managers in higher education institution. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, 4(4), 226-240.
Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. USA: John Wiley & Sons.
Sukanti, S., Sumarsih, S., Siswanto, S., & Widayati, A. (2008). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fise UNY terhadap Profesionalitas Guru Berdasarkan Undang-undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(2), 70–81.
Suryabrata, S. (2002). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: ANDI.
Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License