Studi Perbandingan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang antara Teknik Komunikasi Online dengan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Redi Panuju Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.217

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Studi Banding Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Antara Komunikasi Online dan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020. Peneliti bermaksud untuk mengetahui implementasi dan perbandingan antara teknik komunikasi online dan komunikasi interpersonal terhadap layanan penerimaan siswa baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif termasuk analisis deskriptif dengan purposive sampling. Subjek penelitian adalah pendaftar mahasiswa baru Universitas Hasyim Asyari pada tahun akademik 2019/2020 dari 1.345 pelamar untuk Angkatan I, II, III dan IV. Para peneliti mengambil 30 informan untuk melakukan wawancara. 10 informan dari pelamar melalui komunikasi online, 10 dari pelamar melalui komunikasi interpersonal dan 10 dari petugas layanan dan komite Penerimaan Mahasiswa Baru. Hasil dari penelitian menunjukkan pelayanan penerimaan mahasiswa baru melalui pendaftaran komunikasi online mengalami kendala (miskomunikasi) dalam melakukan pendaftaran sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu konfirmasi dari petugas pelayanan. Sedangkan penaftaran melalui komunikasi interpersonal tidak terdapat kendala , proses pendaftaran cepat dan informasi yang didapatkan lebih jelas karena bertatapmuka secara langsung dengan petugas pelayanan. Meski  terdapat kendala  pada pendafataran melalui online universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang harus tetap meningkatkan sistem pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 85-99.

Arni, M. (1995). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Devito, J. A. (1997). Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher.

Ginting, D. (2017). Komunikasi Cerdas: Panduan Komunikasi di Dunia Kerja. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi interpersonal dan intrapersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Hermanto, A. N., Sugiana, D., & Agustin, H. (2019). Penyampaian Informasi Oleh Tenaga Kependidikan Pada Sub Bagian Administrasi Akademik Dalam Pelayanan Akademik Terhadap Mahasiswa Jenjang S1. In Aulianto, D.R. dkk. (Eds.) The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0. Sumedang: Aksel Media Akselerasi.

Kitchroen, K. (2004). Literature review: Service quality in educational institutions. ABAC Journal, 24(2), 14-25.

Kurnia, S. S. (2017). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Lasswell, H. D. (1948). The structure and function of communication in society. The communication of ideas, 37(1), 136-139.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories of Human Communication. Long Grove, Illinois: Waveland press, Inc.

Miller, G. R., & Steinberg, M. (1975). A new analysis of interpersonal communication. NY: Science Research Associates.

Mulyana, D. M. (2013). Metode penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2018). Komunikasi Antar Budaya: di Era Budaya Siber. Jakarta: Prenada Media.

Nurudin, N. (2020). Pengaruh persepsi kompetensi guru dan persepsi komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 46-57.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Panuju, R. (2019a). Narative Analysis of Perindo Party Advertisement. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(3), 41-56.

Panuju, R. (2019b). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (2002). SERVQUAL: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Retailing: Critical Concepts, 64(1), 140.

Patton, B. R. & Giffin, K. (1981). Interpersonal Communication in Action: Basic Text and Readings. New York: Harper & Row Publishers.

Pearson, J. C., Child, J. T., DeGreeff, B. L., Semlak, J. L., & Burnett, A. (2011). The influence of biological sex, self-esteem, and communication apprehension on unwillingness to communicate. Atlantic Journal of Communication, 19(4), 216-227.

Rakhmat, J., & Mulyana, D. (2010). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Setyaji, J. (2010). Buku Pintar Menguasai Komputer dan Laptop. Jakarta: Mediakita.

Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2007). Online communication and adolescent well-being: Testing the stimulation versus the displacement hypothesis. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1169-1182.

Wiryanto, D. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Widjaya, H. A. W. (2000). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-07-22