Peningkatan Pemahaman Materi Keberagaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya di Indonesia melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Audio-Visual

Authors

  • Firly Nurmala SD Al Ihsan Jakarta Barat
  • Herinto Sidik Iriansyah STKIP Kusuma Negara
  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.160

Keywords:

hasil belajar, media audio visual, think pair share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Al Ihsan Jakarta Barat melalui Model Think Pair Share (TPS) berbantuan media audio visual. Penelitian ini menggunkan studi kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan dua siklus. Setiap satu siklus ada dua pertemuan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi data. Subjek pada penelitian ini adalah 23 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata mencapai nilai 72,17, dan siklus 2 rata-rata nilai meningkat menjadi 81,09. Sehingga kesimpulan penelitian adalah: hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia kelas IV meningkat dengan diterapkan model pembelejaran TPS menggunakan media Audio Visual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajar, A. (2005). Portopolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107-123.

Nurhadi. (2005). Kurikulm 2005 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Save, M. D. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Kajian Kebudayaan Nusantara.

Suleiman, A. H. (1985). Media audio-visual untuk pengajaran, penerangan dan penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Uno, H. B. (2008). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-01-28