Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Materi Sikap Positif terhadap Norma melalui Model Pembelajaran Problem Solving

Authors

  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara Jakarta

Keywords:

Prestasi Belajar, Problem Solving, Sikap Positif

Abstract

Model Pembelajaran Problem Solving merupakan salah satu pendekatan yang dikemas dalam sebuah pembelajaran kelompok dan membutuhkan kemampuan yang sederhana serta bisa dilakukan oleh semua peserta didik dalam mengemukakan pertanyaan tersebut sesuai dengan materi yang dipelajarinya. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran problem solving yang dapat meningkatkan prestasi belajar PKn dengan materi sikap positif terhadap norma pada peserta didik kelas VII (Tujuh) di MTs. Ar-Rasyidiyyah, Koja Jakarta Utara. Tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan tentang model pembelajaran Problem Solving pada materi Sikap Positif Terhadap Norma dikelas VII Ar-Rasyidiyyah, Koja, Jakarta Utara tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, yang mana dalam satu siklus ada satu pertemuan. dalam satu siklus ada empat tahap, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan Tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. langkah – langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.) Persiapan Penelitian, 2.) Membuat perencanaan Penelitian, 3.) Instrumen Penelitian. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VII, MTs Ar-Rasyidiyyah, Koja, Jakarta Utara Tahun Pelajaran 2017 – 2018. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dapat dilihat peningkatannya pada hasil sebagai berikut, Siklus I rata-rata nilai 68 %, Siklus II rata-rata nilai 77,22 % dan Siklus III rata-rata nilai 87,22 %, Sehingga kesimpulannya bahwa prestasi belajar peserta didik pada materi sikap positif terhadap norma kelas VII meningkat dengan diterapkan model Pembelajaran Problem Solving.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-03

Issue

Section

Articles