Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Materi Jatidiri Bangsa Dan Budaya Nasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2166Keywords:
jatidiri bangsa, kancing gemerincing, keaktifan siswa, model pembelajaran kooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi Jatidiri Bangsa dan Budaya Nasional melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing pada siswa kelas VIII-3 SMPN 10 Tambun Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus mencakup empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa yang signifikan dari 32,00% pada pra siklus, menjadi 43,42% pada siklus I, 57,90% pada siklus II, dan mencapai 80,26% pada siklus III. Siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran ini, yang dianggap menarik, menyenangkan, dan efektif dalam meningkatkan keaktifan mereka dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing secara efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.
References
Asrori and Rusman, Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru (Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada, 2020). h. 22.
Anas Sujono, ‘Anas Sujono,Pengantar Statistik Pendidikan(Jakarta:Raja Wali Pers 2014’, 01.43 (2014).
Azizah, Muhaiminul, Syifaul Gummah, and Baiq Azmi Sukroyanti, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa’, Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2.2 (2019), 127
Budimansyah, Dasim, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif Dan Menyenangkan (Bandung: PT.Genesindo, 2019)
Daffa Salsabila and others, ‘Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Penguatan Identitas Nasional’, Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2.2 (2023), 10–17 <https://doi.org/10.58192/populer.v2i2.841>.
Depdiknas, 2003, ‘Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, 7.2 (2003), 1–16
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 1: 76-89
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2018)
Jayadi, Jayadi, Purwani Puji Utami, and Syamzah Ayuningrum, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Pkn Siswa Pada Materi Perumusan Dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Melalui Model Pembelajaran Inquiry’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 2020, 163–69 <http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/766
Saputra, I Md, I Nym Murda, I Md Suarjana, Jurusan Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar, ‘Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Aktivitas Danhasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn I Duda Utara’, 2014
Sholehah, L. A. (2017). Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Dan Jigsaw Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Kelas V Sd. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 758-765.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maghfiroh, Purwani Puji Utami, Nanda Lega Jaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License














