Pemberdayaan UMKM Berbasis Pesantren: Strategi Branding dan Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Keripik

Authors

  • Saryono Saryono Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Kusuma Negara
  • Purwani Puji Utami Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Kusuma Negara
  • Muhammad Raihan Febriansyah Prodi Sains Komunikasi, Universitas Saintek Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i2.2471

Keywords:

branding, digital marketing, pesantren, UMKM, wirausaha

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk keripik singkong dan pisang yang dikelola oleh Pondok Pesantren Nurul Huda Rumbut melalui strategi branding dan digital marketing. Pesantren ini telah memulai kegiatan wirausaha berbasis produksi makanan ringan, namun menghadapi kendala dalam desain kemasan, identitas merek, dan pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan desain grafis dan pemasaran digital, penerapan teknologi tepat guna, pendampingan usaha, dan evaluasi berbasis data. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas kemasan, kehadiran di media sosial dan e-commerce, serta keterampilan digital santri dan pengelola. Program ini menghasilkan luaran berupa kemasan baru, katalog produk digital, toko online aktif, dan buku panduan e-commerce untuk santri. Artikel ini menegaskan bahwa pendekatan pemberdayaan berbasis komunitas dan digitalisasi mampu memperkuat kemandirian ekonomi pesantren dan memperluas jangkauan produk lokal ke pasar yang lebih luas

References

Aedi, U. (2025). Strategi Branding Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Purwokerto dalam membangun Ekuitas Brand di Era Digital. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2), 623–642. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/ujik.v15i2.3045

Budimansyah, B., & Hasyimi, D. M. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pondok Pesantren Melalui Program Santripreneur di Pondok Pesantren. Edunomika, 08(04), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15147

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Meilya, S. P., Silviana, S., Fiqia, F., & Burhan, U. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan Dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156

Nugraheny, D. C., Purwani Puji Utami, Niken Vioreza, & Arbiana Putri. (2021). PKM Pendampingan dan Penyuluhan Kerajinan Limbah Kreatif pada Pemulung di TPA Bantar Gebang Bekasi. Jurnal Penamas Adi Buana, 5(01), 1–12. https://doi.org/10.36456/penamas.vol5.no01.a3625

Rahman, S., Mas’ud, R., & Azkar, M. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Pesantren melalui Unit Usaha Berbasis Syari’ah di Pondok Pesantren Nurul Haramain, Narmada Kabupaten Lombok Barat. Palapa, 11(1), 221–251. https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3124

Rahmawati, A. (2024). Strategi Komunikasi Dalam Melakukan Branding Pesantren Enterpreneurship Di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilongok. UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Saryono, Astuti, S., Hardiyanto, L., & Nurjanah, K. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Bagi Kader Pkk & Posyandu. PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.58738/publica.v1i2.17

Sihura, H. K. (2025). Peran Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital. Jurnal Education and Development, 13(1), 703–706. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6897

Usmayanti, V., Rahmawati, M., Damar, C., Sitepu, S., & Adhitama, F. (2025). Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Kelurahan Karya Jaya II Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 200–210. https://doi.org/https://doi.org/10.63822/rp2tzv57

Utami, P. P. (2019). PKM Kelompok UMKM Kerajinan Tangan Unik Laut. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i1.a1944

Utami, P. P., Vioreza, N., Lega, N., Putra, J., & Cahyani, D. (2024). PKM Pendampingan dan Penyuluhan Kerajinan Artistik dari Limbah Minyak Jelantah pada Ibu-Ibu PKK di Kampung Janda Ciburayut Bogor. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 88–98. https://doi.org/10.37640/japd.v4i2.2148

Utami, P. P., Vioreza, N., & Putri, A. (2021). Pemberdayaan Pemulung melalui Limbah Kardus. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.944

Downloads

Published

2025-10-14