Optimalisasi Kecerdasan Adversity Quotien Membangun Optimisme Masa Depan Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Peserta Didik SMA Islam An Nuqthah Tangerang

Authors

  • Nur Halimah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Aslihatul Rahmawati Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Maharani Dewi Kartika Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Hurien Ain Istigfariyah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Dati Nurul Iqnaul Hafidhoh Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i2.2401

Keywords:

Adversity Quotient, Participatory Action Research

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan penguatan kepada peserta didik mengenai pentingnya kecerdasan Adversity Quotien dalam menunjang kesuksesan seseorang dikemudian hari. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada SMA Islam An - Nuqthah Kota Tangerang dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka memberi penguatan dan meningkatkan kesadaran peserta didik bahwasanya kecerdasan Adversity Quotient  merupakan faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Ikhtiar yang dapat peserta didik lakukan dalam meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient mereka dengan cara memaksimalkan diri dalam menjalani program dan peraturan yang sudah dibiasakan dalam Pesantren dikarenakan pesantren mereka sudah sangat baik dalam menyiapkan kegiatan atau program yang mampu meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient. 

Kata Kunci : Adversity Quotient, PAR

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Helmi Umam, M., Andi Kambau, R., Aisyah Rahman, S., Sudirman, M., Jamilah, Abdul Kadir, N., Junaid, S., Nur, S., Dwi Ayu Parmitasari, R., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (n.d.). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Leni Maulani. (2020). Efektif Belajar Matematika Dengan Model Learning Cycle 7E. Indonesia emas grup.

Novia Dwi Rahmawati. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak (Jejak Publisher).

Paul G. Stoltz. (2005). Adversity Question: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT Gramedia.

Rahmawati, A., Asep Ramatullah, M., & Mas’ud, M. (2024). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP ADVERSITY QUESTION. QATHRUNÂ, 2.

Risma Anita Puriani, & Ratna Sari Dewi. (2020). Konsep Adversity dan Problem Solving Skill. Bening Media Publishing.

Supinah. (2022). Ketahanan Emosional Kemampuan Yang Harus Di miliki. Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Downloads

Published

2025-10-14