Membangun Keberanian Melapor Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan Seksual

Authors

  • Pat Kurniati Program Studi PPKn, Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Jamilah Jamilah Program Studi PPKn, Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Sri Rahayu Pudjiastuti Program studi Magister PPKn, STKIP Arrahmaniyah
  • Sri Rumiati Program studi Magister PPKn, STKIP Arrahmaniyah
  • Dasih Irma Program Studi Managemen, STIE Kusumanegara
  • Sari Maemunah Program Studi Managemen, STIE Kusumanegara
  • Dwi Septipane Program Studi PPKn, Universitas Pendidikan Muhammadyah Sorong
  • Susi Susi Program Studi PPKn, Universitas Pamulang
  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Program Studi PPKn, Universitas Pamulang
  • Saryono Saryono Program Studi PPKn, STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.2338

Keywords:

edukasi, keberanian_melapor, kekerasan_seksual, pemberdayaan_masyarakat, pencegahan

Abstract

Kekerasan seksual masih menjadi persoalan serius di lingkungan pendidikan, namun pelaporan oleh korban atau saksi sering terkendala oleh rasa takut, stigma sosial, dan minimnya pemahaman tentang hak dan mekanisme pelaporan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun keberanian pelajar dalam melaporkan kekerasan seksual sebagai bagian dari strategi pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kekerasan. Program dilaksanakan melalui seminar edukatif dan diskusi interaktif di SMK YAPPA Depok pada 15 Februari 2025, dengan metode penyuluhan, studi kasus, dan evaluasi kuesioner. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 97,4% peserta merasa lebih memahami hak-hak individu serta lebih siap menjadi pelapor dan agen perubahan dalam isu kekerasan seksual. Peserta juga menilai bahwa pendekatan yang digunakan efektif dalam meningkatkan keberanian dan kesadaran akan pentingnya pelaporan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil membangun kesadaran kritis siswa dan perlu direplikasi dengan dukungan kelembagaan yang lebih sistematis agar dampaknya berkelanjutan.

References

Freire, P. (2005). Pedagogy of the oppressed (30th Anniversary ed.). New York: Continuum.

KPAI. (2022). Data dan laporan pengaduan kasus kekerasan seksual pada anak dan remaja. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). New York: Routledge.

Merry, S. E. (2006). Human rights and gender violence: Translating international law into local justice. Chicago, IL: University of Chicago Press.

UNESCO. (2021). School-related gender-based violence: A global review and call for action. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000375177

Downloads

Published

2025-04-30