Membangun Keberanian Melapor Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan Seksual
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.2338Keywords:
edukasi, keberanian_melapor, kekerasan_seksual, pemberdayaan_masyarakat, pencegahanAbstract
Kekerasan seksual masih menjadi persoalan serius di lingkungan pendidikan, namun pelaporan oleh korban atau saksi sering terkendala oleh rasa takut, stigma sosial, dan minimnya pemahaman tentang hak dan mekanisme pelaporan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun keberanian pelajar dalam melaporkan kekerasan seksual sebagai bagian dari strategi pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kekerasan. Program dilaksanakan melalui seminar edukatif dan diskusi interaktif di SMK YAPPA Depok pada 15 Februari 2025, dengan metode penyuluhan, studi kasus, dan evaluasi kuesioner. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 97,4% peserta merasa lebih memahami hak-hak individu serta lebih siap menjadi pelapor dan agen perubahan dalam isu kekerasan seksual. Peserta juga menilai bahwa pendekatan yang digunakan efektif dalam meningkatkan keberanian dan kesadaran akan pentingnya pelaporan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil membangun kesadaran kritis siswa dan perlu direplikasi dengan dukungan kelembagaan yang lebih sistematis agar dampaknya berkelanjutan.
References
Freire, P. (2005). Pedagogy of the oppressed (30th Anniversary ed.). New York: Continuum.
KPAI. (2022). Data dan laporan pengaduan kasus kekerasan seksual pada anak dan remaja. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). New York: Routledge.
Merry, S. E. (2006). Human rights and gender violence: Translating international law into local justice. Chicago, IL: University of Chicago Press.
UNESCO. (2021). School-related gender-based violence: A global review and call for action. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000375177
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pat Kurniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License