Peningkatan Literasi Kewirausahaan Digital Bagi Pengurus Panti Asuhan Sosial Tunas Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.2298Keywords:
kewirausahaan digital, e-commerce, pengabdian masyarakat, panti asuhan, ekonomi mandiriAbstract
Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia membuka peluang baru dalam dunia usaha, namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh institusi sosial seperti panti asuhan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kewirausahaan digital bagi para pengurus Panti Asuhan Sosial Tunas Bangsa, sehingga mereka dapat mengembangkan kemandirian ekonomi secara berkelanjutan. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan tanya jawab secara partisipatif, dengan materi seputar dasar kewirausahaan, strategi bisnis digital, dan pemanfaatan e-commerce. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2024 dan diikuti oleh empat orang pengurus panti. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu memahami konsep dasar kewirausahaan digital yang disampaikan. Kesimpulannya, edukasi kewirausahaan digital berperan penting dalam mendorong pengurus panti untuk mulai berpikir kreatif dan mandiri secara ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital.
References
Fitriyani, R., & Nurchayati, N. (2021). Pelatihan kewirausahaan digital untuk pemberdayaan ekonomi kelompok rentan. Jurnal Abdimas Kreatif, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.31219/osf.io/j9vta
Google, Temasek, & Bain & Company. (2023). e-Conomy SEA 2023: Reaching new heights. https://economysea.withgoogle.com
Ife, J., & Tesoriero, F. (2006). Community development: Community-based alternatives in an age of globalisation (3rd ed.). Frenchs Forest, NSW: Pearson Education Australia.
Jannah, M., Arifin, I. M., & Subekti, R. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi UMKM di era pascapandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jpmbt.041.2022
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). New York: Routledge.
Saryono, S., Astuti, S., Hardiyanto, L., & Nurjanah, K. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan keterampilan literasi digital bagi kader PKK & Posyandu. PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://asianpublisher.id/abdimas/index.php/publica/article/view/17
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Princhita Nabila Maram Pahlawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License