Peningkatan Literasi Kewirausahaan Digital Bagi Pengurus Panti Asuhan Sosial Tunas Bangsa

Authors

  • Princhita Nabila Maram Pahlawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Risty Rahma Dafina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.2298

Keywords:

kewirausahaan digital, e-commerce, pengabdian masyarakat, panti asuhan, ekonomi mandiri

Abstract

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia membuka peluang baru dalam dunia usaha, namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh institusi sosial seperti panti asuhan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kewirausahaan digital bagi para pengurus Panti Asuhan Sosial Tunas Bangsa, sehingga mereka dapat mengembangkan kemandirian ekonomi secara berkelanjutan. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan tanya jawab secara partisipatif, dengan materi seputar dasar kewirausahaan, strategi bisnis digital, dan pemanfaatan e-commerce. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2024 dan diikuti oleh empat orang pengurus panti. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu memahami konsep dasar kewirausahaan digital yang disampaikan. Kesimpulannya, edukasi kewirausahaan digital berperan penting dalam mendorong pengurus panti untuk mulai berpikir kreatif dan mandiri secara ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital.

References

Fitriyani, R., & Nurchayati, N. (2021). Pelatihan kewirausahaan digital untuk pemberdayaan ekonomi kelompok rentan. Jurnal Abdimas Kreatif, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.31219/osf.io/j9vta

Google, Temasek, & Bain & Company. (2023). e-Conomy SEA 2023: Reaching new heights. https://economysea.withgoogle.com

Ife, J., & Tesoriero, F. (2006). Community development: Community-based alternatives in an age of globalisation (3rd ed.). Frenchs Forest, NSW: Pearson Education Australia.

Jannah, M., Arifin, I. M., & Subekti, R. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi UMKM di era pascapandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jpmbt.041.2022

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). New York: Routledge.

Saryono, S., Astuti, S., Hardiyanto, L., & Nurjanah, K. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan keterampilan literasi digital bagi kader PKK & Posyandu. PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://asianpublisher.id/abdimas/index.php/publica/article/view/17

Downloads

Published

2025-05-01