Sosialisasi Mitigasi Bencana Tsunami melalui Permainan bagi Anak-anak Kampung Huntap Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang

Authors

  • Rugun Romaida Hutabarat Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia
  • Yuwono Prianto Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia
  • Muhammad Haikal Rifurio Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia
  • Devi Devi Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia
  • Jessica Aurelia Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia
  • Sarah Angelina Setiahata Lumban Tobing Fakultas Hukum, Universitas Taruma Negara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.2273

Keywords:

Anak Usia Dini, Mitigasi Bencana, Permainan Edukatif

Abstract

Anak-anak penyintas tsunami Selat Sunda 2018 yang tinggal di Kampung Huntap Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, masih menghadapi trauma psikologis dan kurangnya pemahaman tentang mitigasi bencana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman anak-anak terhadap risiko tsunami melalui pendekatan permainan edukatif yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan kegiatan berbasis permainan (seperti simbol bencana, lagu tsunami, lapbook, dan petak jongkok), serta evaluasi melalui observasi dan diskusi tim. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak menunjukkan respon aktif dan antusias, cepat memahami pesan mitigasi, serta mengalami peningkatan pemahaman tentang tindakan saat terjadi bencana. Kesimpulannya, pendekatan sosialisasi berbasis permainan terbukti efektif sebagai media pendidikan kebencanaan sekaligus sarana trauma healing yang menyenangkan, relevan dengan prinsip perlindungan anak dalam situasi darurat sebagaimana diatur dalam kebijakan nasional.

References

Burman, E. (2008). Developments: Child, image, nation. London: Routledge.

Indrawati, T., & Widyastuti, S. M. (2022). Trauma masa kecil pasca-bencana dan dampaknya terhadap perkembangan sosial anak. Jurnal Psikologi Indonesia, 11(2), 145–158. https://doi.org/10.25077/jpi.11.2.145-158.2022

Liestianty, A., Hartini, N., & Qibtiyah, N. (2021). Model permainan edukatif untuk kesiapsiagaan bencana pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/JPUD.151.01

Putri, N. D., Nugroho, T. A., & Astuti, Y. P. (2022). Pengaruh permainan simulasi terhadap pemahaman mitigasi bencana anak di sekolah dasar. Jurnal Mitigasi Bencana, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.20473/jmb.v4i1.2022.32-40

Santrock, J. W. (2020). Life-span development (17th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.

Wijaya, A. R., Fajriana, N., & Hakim, M. (2023). Game-based learning untuk mitigasi bencana alam pada anak usia dini: Studi kasus di daerah rawan gempa. Journal of Disaster Education, 5(2), 77–89. https://doi.org/10.36706/jde.v5i2.2023.77

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2021 tentang Perlindungan Khusus Bagi Anak

Downloads

Published

2025-05-01