Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v4i2.2100Keywords:
participatory action research (PAR), penelitian field research, teknik wawancaraAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengeksplorasi pengembangan keterampilan wawancara mahasiswa di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang melalui pelatihan berbasis Participatory Action Research (PAR). Pelatihan ini mencakup teori dasar wawancara, simulasi praktis, dan evaluasi keterampilan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan wawancara, serta peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam menggunakan teknik wawancara. Penggunaan pendekatan partisipasif menjadikan proses pengembangan keterampilan wawancara mahasiswa dapat berjalan lebih efektif.
References
Antonius Simanjuntak, B., & Sosrodihardjo, S. (2014). Metode Penelitian Sosial. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Fadhallah. (2020). Wawancara. UNJ Press.
Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. Zifatama Publisher.
Iskandar, A., Ridow Johanis M, A., Rita Fitriani, M., Ida, N., & Hendra S. Sitompul, P. (2023). Dasar Metode Penelitian. Cendikiawan Inovasi Digital Indonesia.
Kristina, A. (2024). Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish Digital.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.
Mamang Sangadji, E., & Sopiah. (2024). Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Penelitian). Andi.
Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. UMSU Press.
Supratiknya. (2019). Serba Serbi Metode dan Penulisan Ilmiah Dalam Psikologi. PT Kanisius.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aslihatul Rahmawati, Nur Halimah, Karmawan Karmawan, Andika Agus Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

















