Pendampingan Praktik Pemasaran melalui Pengenalan dan Pengoperasian Media Sosial bagi Pelaku Usaha Batik Ciwaringin Kabupaten Cirebon

Authors

  • Andriyastuti Suratman Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Dessy Isfianadewi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Achmad Faza Tsani Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Muhammad Fajrul Rachman Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Ninggita Nurmauliana Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Rusina Aulia Azizah Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Humaira Kiyani Nadia Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Arief Darmawan Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia
  • Ivan Piper Faculty for International Economics, Finance and Business, University of Donja Garica

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.1860

Keywords:

social media, Instagram, Batik Ciwaringin, Packaging

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan media digital dalam pemasaran produk batik oleh pelaku UMKM di Sentra Batik Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan operasional pelaku usaha dalam menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Metode pelaksanaan meliputi observasi, diskusi kelompok terfokus (FGD), pelatihan klasikal, dan pendampingan langsung maupun jarak jauh dalam pengelolaan akun media sosial, pembuatan katalog produk, serta desain kemasan dan logo. Hasil kegiatan menunjukkan meningkatnya pemahaman dan keterampilan pelaku usaha dalam menggunakan platform digital untuk promosi, serta adanya kesadaran akan pentingnya visualisasi produk yang menarik. Kesimpulannya, pendampingan ini berhasil memperkuat kesiapan UMKM batik Ciwaringin dalam menghadapi tantangan transformasi digital dan memperluas jangkauan pasar melalui strategi pemasaran berbasis media sosial.

References

Catyanadika, P.E., Nurfauziah, N., Sutrisno, S., Pradana, H.A., Panuntun, B., & Suratman, A. (2023). Upaya Penguatan Eksistensi Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, D.I.Yogyakarta: Strategi Branding Video Profil dan Vlog. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2023, Volume 4 Nomor 1: 356-364. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2407

Kalangi, L.J., Mangantar, M., & Pandowo, M. H. C. (2022). Dampak Kemasan produk dan Desain Kemasan terhadap Perilaku Pembelian Konsumen di Sulawesi Utara (Studi Kasus Kosmetik Wardah). Jurnal EMBA. Vol. 10 No. 3 Juli 2022, Hal. 716-724, ISSN 2303-1174. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42969

Kraus, Sascha; Durst, Susanne; Ferreira, Joao. J., Veiga, Pedro; , Norbert Kailer e , Alexandra Weinmann. (2022). Digital transformation in business and management research: An overview of the current status quo. International Journal of Information Management, Vol 63 (2022) 102466. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102466

Legowo, Mercurius Broto, Indiarto, Budi., & Prayitno, Deden. (2022). A Conceptualization of The Sme Digitalization Model To Support The "SME-Go Digital & quot; Program in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(3), 421. https://doi.org/10.17358/ijbe.8.3.421

Mandviwalla, Munir & Flanagan, Richard. (2021) Small business digital transformation in the context of the pandemic, European Journal of Information Systems, 30:4, 359-375, https://doi.org/10.1080/0960085X.2021.1891004

Mohebbi, Behzad. (2014). The Art of Packaging: An Investigation Into the Role of Color in Packaging, Marketing, and Branding (2014). International Journal of Organizational Leadership 3 (2014) 92-102. https://ssrn.com/abstract=3329815

Rachmat, H. and Darmansyah, A. (2023). Digitalisasi Bisnis Industri Batik Trusmi Kabupaten Cirebon. Sebatik, 27(1), pp. 120-126. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2282

Suratman, A., Darmawan, A., Muhlison, MB., Kartini, K., Sigit, M., Salsabila, S., Nurfadilah, N., & Rahman, A. (2023). Empowerment of Women's Businesses through Catalog Digitalization for SMEs’ Products. Asian Journal of Community Services (AJCS) Vol. 2, No. 4, 2023: 353-362. https://doi.org/10.55927/ajcs.v2i4.3809

Suratman, A. & Palupi, M. (2019). Pendampingan terkait Konsep diri, Kepemimpinan & Kewirausahaan bagi Pelajar SMA/SMK/MA Penerima Beasiswa BAZNAS Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019. Jurnal PATRIA. ISSN : 2656-5455 (mediaonline), Vol.1, No.2 September 2019 hal 84-91. https://doi.org/10.24167/patria.v1i2.2082

Swasty, W., Putri, M.K., Koesoemadinata, M.I.P., & Gunawan, A.N.S. (2021). The Effect of Packaging Color Scheme on Perceptions, Product Preferences, Product Trial, and Purchase Intention. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, VOL. 23, NO. 1, MARCH 2021, 27–39, ISSN 1411-1438 print / ISSN 2338-8234 online. https://doi.org/10.9744/jmk.23.1.27-39

Telukdarie, Arnesh., Dube, Thabile., Matjuta, Pretty., & Philbin, Simon. (2023). The opportunities and challenges of digitalization for SME’s. Procedia Computer Science 217 (2023) 689–698. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.265

Zamzami, Z., Ihsan, Mohammad., Siregar, Ade Perdana. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Batik Jambi pada Masa Covid-19. Jurnal Innovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM) Vol.2 No.1, ISSN (Online) : 2721-2378. https://doi.org/10.22437/jitdm.v2i1.16419

Published

2025-05-01