Pendampingan Praktik Pemasaran melalui Pengenalan dan Pengoperasian Media Sosial bagi Pelaku Usaha Batik Ciwaringin Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v5i1.1860Keywords:
social media, Instagram, Batik Ciwaringin, PackagingAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan media digital dalam pemasaran produk batik oleh pelaku UMKM di Sentra Batik Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan operasional pelaku usaha dalam menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Metode pelaksanaan meliputi observasi, diskusi kelompok terfokus (FGD), pelatihan klasikal, dan pendampingan langsung maupun jarak jauh dalam pengelolaan akun media sosial, pembuatan katalog produk, serta desain kemasan dan logo. Hasil kegiatan menunjukkan meningkatnya pemahaman dan keterampilan pelaku usaha dalam menggunakan platform digital untuk promosi, serta adanya kesadaran akan pentingnya visualisasi produk yang menarik. Kesimpulannya, pendampingan ini berhasil memperkuat kesiapan UMKM batik Ciwaringin dalam menghadapi tantangan transformasi digital dan memperluas jangkauan pasar melalui strategi pemasaran berbasis media sosial.
References
Catyanadika, P.E., Nurfauziah, N., Sutrisno, S., Pradana, H.A., Panuntun, B., & Suratman, A. (2023). Upaya Penguatan Eksistensi Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, D.I.Yogyakarta: Strategi Branding Video Profil dan Vlog. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2023, Volume 4 Nomor 1: 356-364. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2407
Kalangi, L.J., Mangantar, M., & Pandowo, M. H. C. (2022). Dampak Kemasan produk dan Desain Kemasan terhadap Perilaku Pembelian Konsumen di Sulawesi Utara (Studi Kasus Kosmetik Wardah). Jurnal EMBA. Vol. 10 No. 3 Juli 2022, Hal. 716-724, ISSN 2303-1174. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42969
Kraus, Sascha; Durst, Susanne; Ferreira, Joao. J., Veiga, Pedro; , Norbert Kailer e , Alexandra Weinmann. (2022). Digital transformation in business and management research: An overview of the current status quo. International Journal of Information Management, Vol 63 (2022) 102466. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102466
Legowo, Mercurius Broto, Indiarto, Budi., & Prayitno, Deden. (2022). A Conceptualization of The Sme Digitalization Model To Support The "SME-Go Digital & quot; Program in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(3), 421. https://doi.org/10.17358/ijbe.8.3.421
Mandviwalla, Munir & Flanagan, Richard. (2021) Small business digital transformation in the context of the pandemic, European Journal of Information Systems, 30:4, 359-375, https://doi.org/10.1080/0960085X.2021.1891004
Mohebbi, Behzad. (2014). The Art of Packaging: An Investigation Into the Role of Color in Packaging, Marketing, and Branding (2014). International Journal of Organizational Leadership 3 (2014) 92-102. https://ssrn.com/abstract=3329815
Rachmat, H. and Darmansyah, A. (2023). Digitalisasi Bisnis Industri Batik Trusmi Kabupaten Cirebon. Sebatik, 27(1), pp. 120-126. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2282
Suratman, A., Darmawan, A., Muhlison, MB., Kartini, K., Sigit, M., Salsabila, S., Nurfadilah, N., & Rahman, A. (2023). Empowerment of Women's Businesses through Catalog Digitalization for SMEs’ Products. Asian Journal of Community Services (AJCS) Vol. 2, No. 4, 2023: 353-362. https://doi.org/10.55927/ajcs.v2i4.3809
Suratman, A. & Palupi, M. (2019). Pendampingan terkait Konsep diri, Kepemimpinan & Kewirausahaan bagi Pelajar SMA/SMK/MA Penerima Beasiswa BAZNAS Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019. Jurnal PATRIA. ISSN : 2656-5455 (mediaonline), Vol.1, No.2 September 2019 hal 84-91. https://doi.org/10.24167/patria.v1i2.2082
Swasty, W., Putri, M.K., Koesoemadinata, M.I.P., & Gunawan, A.N.S. (2021). The Effect of Packaging Color Scheme on Perceptions, Product Preferences, Product Trial, and Purchase Intention. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, VOL. 23, NO. 1, MARCH 2021, 27–39, ISSN 1411-1438 print / ISSN 2338-8234 online. https://doi.org/10.9744/jmk.23.1.27-39
Telukdarie, Arnesh., Dube, Thabile., Matjuta, Pretty., & Philbin, Simon. (2023). The opportunities and challenges of digitalization for SME’s. Procedia Computer Science 217 (2023) 689–698. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.265
Zamzami, Z., Ihsan, Mohammad., Siregar, Ade Perdana. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Batik Jambi pada Masa Covid-19. Jurnal Innovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM) Vol.2 No.1, ISSN (Online) : 2721-2378. https://doi.org/10.22437/jitdm.v2i1.16419
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andriyastuti Suratman, Dessy Isfianadewi, Achmad Faza Tsani, Muhammad Fajrul Rachman, Ninggita Nurmauliana, Rusina Aulia Azizah, Humaira Kiyani Nadia, Arief Darmawan, Ivan Piper

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License